Jumat, 22 Mei 2015

Manfaat lain dari belajar kode morse

Kode Morse adalah sistem representatif huruf, angka dan tanda baca dengan menggunakan signal kode. Kode morse di ciptakan oleh Samuel F.B. morse pada tahun 1835. dalam dunia kepramukaan kode morse disampaikan dengan menggunakan senter, pluit atau bendera. kemampuan menerima dan mengirimkan kode morse merupakan salah satu kecakapan untuk dapat menerima Tanda Kecakapan Khusus. kode morse juga sebagai kunci untuk memecahkan sandi rumput.

itulah sekilas tentang kode morse yang menjadi salah satu kecakapan teknik anggota pramuka yang selalu digunakan dalam kegiatan kepramukaan seperti penjelajahan saat memecahkan sandi rumput, mengirim dan menerima pesan melalui isyarat bendera, senter, maupun pluit dan masih banyak penggunaan lainnya.

tapi ada satu hal menarik dari penerapan kode morse dalam kehidupan sehari-hari adalah jika senter, pluit dan bendera di gunakan untuk menyampaikan kode morse dari jarak yang relatif cukup jauh maka menggunakan jari-jari tangan adalah cara yang bisa di gunakan untuk menyampaikan kode morse dalam jarak dekat dan sangat efektif untuk menyampaikan pesan singkat yang sifatnya rahasia. Dulu di awal tahun 1990 sampai 2000 an saat belum banyaknya orang yang menggunakan handphone sebagai alat komunikasi mobile di karenakan harga nya yang relatif mahal dan tidak terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah maka cara satu-satunya yang sering kami (anggota pramuka 05H06) lakukan jika ingin menyampaikan pesan yang jaraknya sejauh pandangan mata adalah memanfaatkan kode morse dengan menggunakan jari tangan. satu kali angkat jari telunjuk mewakili titik dan angkat jari telunjuk bersamaan dengan jari tengah mewakili strip.
Bagaimana adik-adik penggalang sudahkah kalian mengoptimalkan penggunaan kode yang sangat penting ini di saat komunikasi kalian tidak ingin ada orang yang mengerti selain sesama anggota pramuka?? "..tapi kan sekarang ada smartphone kak, untuk apa repot-repot pake kode morse..."?? yupp benar, tapi secanggih apapun smartphone yang kita gunakan kalau pulsa atau paket datanya tidak ada untuk apa??

Jadi tunggu apa lagi, kalau adik-adik ingin menjadi pramuka yang unggul dan selangkah lebih maju dari yang lain maka skill menguasai kode morse merupakan satu dari sekian banyak pengetahuan berharga di dunia kepramukaan yang wajib adik-adik kuasai untuk men-support tidak hanya kegiatan kepramukaan adik-adik tapi juga kegiatan sehari-hari disaat kondisi tertentu yang mengharuskan kita menggunakan ilmu rahasia ini. :)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger